Tuesday, July 3, 2012

Kejujuran itu memang mahal harganya!

Saya lagi kena masalah, seperti makan buah simalakama rasanya. Teman saya (sebut saja namanya Asih). Asih ini diomongin sama teman yang lain, sebut saja Endah. Ternyata masalah orderan ke Asih setahun yang lalu. Dan saya baru dikasih tau masalah orderan itu 3 minggu yang lalu. Saya kaget dong, karena saya memasukkan beberapa menu masakan yang dimasak oleh Asih ke dalam website online saya. Konon katanya, Si Asih itu minta dibayar mahal, dan intinya masakannya nggak enak. Saya belain dong karena yang saya alami nggak kayak gitu. Malah Asih ini baek banget. Lalu saya berniat memberi saran ke Asih sekaligus mau menanyakan benar nggak begitu? Singkatnya, saya ke rumah anter obat untuk Ibunya Rina dan untuk Asih sendiri, lalu saya menanyakan super hati-hati soal orderan yang konon mahal itu. Dan Asih udah janji "demi Tuhan" nggak akan bahas apa-apa, cukup untuk dirinya sendiri, dan Asih jelaskan kalo itu masalah setahun yang lalu!! Ya ampun, ternyata itu udah lama sekali. Udah basi banget, makanannya juga udah jadi pupuk kali... Dan saya nggak sangka untuk apa diceritakan kepada saya kalo bukan untuk maksud sesuatu...Kemaren siang, saya terima mesage dari Endah, yang isinya sangat sinis, gini pesennya :
Dear Yola sayang,
Aku tidak tahu maksudnya apa, tapi aku benar-benar tidak menyangka. Terus terang selama ini aku sering dengar curhat beberapa teman yg tidak enak, tapi aku tetap mau berteman sama kamu dan aku tidak mau sampaikan ke kamu. Tulus dan ikhlas. Cuma beberapa hari terakhir perasaanku tidak enak dan aku sadar Roh Kudus menuntunku tetapi toh aku tetap menunjukkan itikad baikku. Sampai barusan saja, aku dpt kepastian ttg jawaban doaku. Tapi toh hatiku sempat tersentuh dan sakit...meski ku selalu pinta darah Kristus menutup bungkus hatiku. Terima kasih Yola karena aku telah mengenalmu. Aku bersyukur mendapat kesempatan mendapatkan teman sepertimu. Aku diingatkan untuk selalu menjaga hati dan lidahku. Kiranya Bapa di surga memberkatimu selalu dan juga keluargamu. 
Saya tidak menduga, akan terjadi seperti ini. Tapi saya menyayangkan kenapa Asih nggak menceritakan semuanya kepada Endah, supaya Endah nggak salah paham?? Saya nggak mau kalo Endah ini menerima info cuma sepihak versi Asih saja. Saya nggak tau apakah Asih jujur menceritakan kepada Endah tentang pembicaran saya dengan Asih tempo hari, karena Asih udah berjanji demi Tuhan tidak akan protes ke Endah, cukup untuk dirinya sendiri. Dan juga menceritakan ke Endah kedatangan saya selama ini ke rumahnya itu untuk apa? Apakah Asih juga cerita jujur soal komentar dia sendiri tentang Endah secara detail?? Saya yakin nggak, karena sampai-sampai Endah bilang gini ke Asih tentang saya (ini sebagian kecil aja belom semuanya yang menyeramkan) :
"...dia (maksudnya saya) sering makan di rumah Asih sama suami dia, Asih suka masakin dia, tapi apa dia dulu pernah bilang, kalo ke Asih cuma di depan pintu saja, apa maksudnya? Sekarang aku (baca = Endah) mengerti, kenapa dia dulu pernah bilang gak mau gaul ...jadi asosial.. yah kalau caranya begini, gimana dia gak mengucilkan diri..." 
Sungguh menyakitkan bukan? Dengan seenaknya Endah menghakimi saya, seolah-olah dia kenal saya, dan tau sapa saja teman-teman saya. Seumur-umur tinggal di Belgia, saya cuman mau dekat dengan 3 orang saja dan ketiga orang itu pasti Endah nggak kenal. Ketiga orang itu mengenal saya hati saya dan keluarga saya yang paling dalam. Jadi kalo Endah bilang banyak yang curhat sama dia soal saya, siapa yang curhat? Apa salah satu dari mereka? Kalo bukan, ya sapa lagi kalo bukan gosip sana sini dari Mbak Dewi (bukan nama sebenarnya) yang dulu sempat ada masalah dengan saya. Dan sekarangpun walau udah baikan lagi sama Mbak Dewi, toh dia tetep menjelekkan saya, katanya saya profit gak mo kerja karena alasannya mo ngurus anak. Ya sutralah Mbak Dewi ngomong kayak apapun jeleknya, toh dia nggak ngerasain ngelahirin dan ngurus anak itu kayak apa, dan itu kan udah karakter dia menjelekkan seseorang. Jadi saya nggak peduli.

Sekarang, apa Asih menjelaskan ke Endah kalo saya-suami sering datang itu, ternyata cuman 3x, lalu saya pergi bareng Kak Tati 2x (ada bukti foto-fotonya) karena diundang, kemudian sekali untuk ambil orderan masakan (baso, balado ikan, siomay) dan terakhir minggu lalu mengantar kismis hijau kering untuk obat sakit persendiannya. Kalo dulu pertama cerita ke Endah, saya memang dateng ke rumah Asih cuma sampe depan pintu ya emangnya bener adanya, karena langsung pergi ke rumah dia anter pesanan dia dan kedua harus pulang cepet. Gimana mungkin si Endah bisa bilang kayak gitu, jika Si Endah tidak mengetahui cerita sebenarnya. Makin picik pastinya....

Lihatlah beda sekali kedua mesage itu. Bandingkan kedua messagenya, yang satu ke inbox saya, yang kedua obrolan dia langsung sama Asih. Lalu saya tegur dan ingatkan si Asih, karena dia sendiri yang menawarkan makan di rumahnya bahkan maksa-maksa suruh makan, karena aslinya saya-suami datang ke rumahnya untuk :
  • ngasih lampu dan masang lampu di rumah Asih, dan benerin listriknya yg korslet untuk jaringan di lampu itu.
  • ngasih kompor listrik lengkap sama ovennya, angkat kompor ke dapurnya di lantai 1, lalu masangin kompor, terus karena seminggu kemudian Asih ngeluh listriknya suka korslet, jadi kompor minta diturunin ke garasi, lalu Rony khusus pulang bawa kompor kecil listrik untuk mengganti kompornya (itu pulang pergi apa nggak dihitung waktu dan bensinnya??? nggak kan??), Lalu Asih telp lagi minta tolong kompornya dipasang lagi karena ada kesalahan sama perusahaan listriknya, dia pindah dari Electrabel ke NUON, (jadi bolak balik kan??) 
  • nganterin belanjaan dan masih ada yang belom dibayar...
  • nawarin buang barang-barang ke countainer karena garasinya penuh
Kenapa sih Asih nggak cerita ke Endah juga soal itu??? Supaya Endah nggak menuduh kalo saya-suami sering datang ke rumah Asih dan cuman hanya untuk makan doang!! Enak aja!! Rony cuma disuruh makan 3x di rumahnya karena masang isntalasi listrik untuk kompor yang lama itu. Itu juga dipaksa Asih makannya. Tanya ke semua orang berapa bayar teknisi untuk benerin instalasi listrik di Belgia? Saya datang juga nggak tangan kosong, saya bawa macam-macam perlengkapan dapur. Dan selama mondar mandir itu saya nggak pernah ngebahas secuil pun tentang Endah. Hanya sekali itu aja soal orderan masakan yg kemahalan (minggu lalu), saya memang benar-benar bermaksud ngasih saran ke Asih supaya jangan mahal-mahal ngasih harga, supaya gak kehilangan pelanggan! Mampus aja, ternyata itu kejadian setahun yang lalu. Edannn! Jadi ya saya dan Asih cuman ketawa-ketawa dan akhirnya cerita soal anak-anak kami. 

Saya nggak suka nama Tuhan dibawa-bawa untuk urusan seperti ini. Tuhan juga ngasih akal budi supaya kita pakai. Kalo memang Endah sadar dituntun Roh Kudus, tentunya Endah tidak akan bicara jelek ke Asih soal saya kan??? karena setau saya dalam Roh Kudus tidak ada kemarahan dan dendam..! Dan kalo memang bukan karena Kasih Tuhan, saya nggak pernah kayak begini mau menolong orang lain! Maafkan saya Tuhan kesannya saya mengungkit-ungkit, bukan itu maksudnya, tapi untuk menjelaskan maksud kedatangan saya ke rumah Asih! Jangan takut berkata jujur walaupun harus dimusuhi! Tuhan selalu memberkati orang-orang yang mau hidup jujur. Ini benar-benar hanya Tuhan yang tau sebenernya, bukan basa-basi berdoa. Teguran yang nyata-nyata itu memang menyakitkan! 

No comments: