Monday, June 4, 2007

Bunga Mawar

Semua orang cinta sama bunga mawar. Hanya saja memeliharanya gampang-gampang susah. Saya sudah mencoba 5 tahun ngurus mawar, tapi selalu gagal, kalo nggak karena ada jamur putih-putih di daunnya, batangnya busuklah, bunganya gagal mekar. Perubahan cuaca yang drastis, dll. Saya sudah membeli mawar mini sampe mawar yang tingginya medium dengan harga yang bermacam-macam. Malah yang mahal mawar mini. Keki rasanya kalo baru sebulan udah pada mati. Penasaran saya beli mawar mini lagi dua pot.

Saya sharing tipsnya ya, karena akhirnya saya tau caranya, semoga berguna. Mawar harus selalu berair tanahnya. Dan sudah sebulan sejak saya beli lagi mawar mini ini saya selalu nuangin banyak. Seperti di foto, air itu sehari udah langsung di minum, dan tanaman mawar yang mini sekarang rimbun. Seneng banget rasanya.

Dulu saya biarkan bunganya mekar sampe rontok di batangnya, ternyata salah. Sekarang saya selalu potong bunganya yang sudah setengah mekar seperti foto di bawah ini, supaya tumbuh tunas baru. Jadi tanaman mawarnya bisa dibentuk menjadi bonsai. Selamat mencoba yah ;)

9 comments:

Ceuceu Wike said...

cantik bangeeeeeeeeeeettt... wah.. *terkagum kagum*

jebat wira said...

Your roses very sweet and beautiful...............

citytown triefince said...

iya ceu.. baru tau caranya nih :hehe

citytown triefince said...

Im also very proud :D
succes wira :)

angsthaas xxx said...

Loh i dr pertama kali tanam mawar sejak 2 taon lalu selalu bagus tuh mi, taronya diluar siih ga di dalam bis dah sumpek :D

Oo iya di rumah ik yg lama ada mawar rembet yg satu pohon 2 warna, sayang ga di bawa, pokoknya banyak bgt deh mawar di rmh lama yg ga di bawa ada kali tuh 6 biji. Yg paling suka si engelse rose tuh wanginya semerbak. Kmrn waktu bloemendag ik akhirna beli mawar baru, rembet (putih) trs yg biasa wrn kuning dan merah jambu buat di taman belakang.

Eeh kl buat macam2 penyakit tanaman rose kan ada obat nya mi, dah di coba?

citytown triefince said...

di luar sih aman liz, ini mawar mini atau mawar utk bonsai... :D
ada yg utk hama... skrg dicuekin malah keren nih mini rose ama bonsai mawarnya...

David Nguan said...

varietas baru yah?
maju terus mbak, mudah2an isa buka toko bunga and good luck... ^^

citytown triefince said...

huehuehue... doakan ya...
david, ini mawar mini bunganya warnanya malah lebih ke warna pastel...

citytown triefince said...

Minggu lalu, ini bunga yg keempat kalinya sejak bulan yll, mini roses ini dibeli :


pas hari ini, yg orange pucuk mudanya dah muncul lagi untuk calon bunga baru... :