Wednesday, January 30, 2008

kesulitan Hidup Di Luar Negeri

Inget Rani yang cerita soal Kesulitan Hidup di Negara Barat tadi pagi kakak baru aja curhat soal ini. Sekarang dia ngalamin apa yg gue alamin tahun-tahun pertama hidup di Eropa. Bukan masalah hidup di Eropanya, tapi reaksi keluarga di Indonesia yang ternyata sama aja seperti dulu gue alamin. Dihujanin sms dengan isi yang bikin perasaan hancur dan sakit. Gue sih baru 6 tahun eh termasuk udah lama juga ya. Hidup di sini serba susah, keras dan penuh perjuangan. Kita harus kerja istilah sampe cium tanah, demi bisa menghidupi anak-anak dan masa depan mereka. Kita juga susah dan sakit gak ada yang nolong, semua sendiri. Enak aja keluarga di Indonesia minta duit hanya tinggal kirim sms, kita bales kalo kita duitnya pas dan gak bisa ngirim, eh dibales sms dengan makian...

Gue udah ngalamin gaya hidup semuanya dari paling atas sampe jatuh paling dalam dan gak ada satu orangpun yang percaya kalo gue disini bener-bener susah. *sigh* Thank God gue bisa ngebiayain papa sampe detik-detik terakhir... Semua karena kasih karunia Tuhan. Tahun 2004 puncaknya gue ngalamin kehancuran ekonomi selama hidup di Oostende. Yang ada malah dituduh bergaya hidup miskin (papaehan kata orang sunda mah).

Hanya Tuhan aja yang tau penderitaan dan kesusahan hidup di sini. Gue sekarang udah tahan banting, perasaan gue udah kebal. Kalo ada omongan super menyakitkan pun gue udah mati rasa, semua gue ignore. Gak kayak dulu pasti nangis-nangis ke suami, nyeselin kenapa kok ada keluarga kayak gitu, dll, dll. Sekarang gue udah gak mau buang-buang energi hanya untuk meratapi ucapan keluarga yang udah seperti orang asing. Toh sekarang orang asing malah jadi kayak keluarga sendiri.

Dan tadi pagi juga, gue hanya bisa nguatin dan nyabarin kakak yang baru tinggal Jerman itu. Ngingetin supaya tahan banting kalo denger berita-berita yang bilang bahwa dia hidup di Eropa selalu berfoya-foya. Masa bodohlah mereka mo bilang apa, toh dia sendiri yang ngejalani kehidupan di sini. Padahal gue tau banget, dia stress setengah mati karena susahnya berbahasa Jerman. Tau sendiri Orang Jerman pada gak bisa bahasa Inggrisnya. Sekarang yang terpenting dan yang terutama adalah masa depan anak-anak dan adaptasi sosial selama hidup di Jerman. Dan persiapan tabungan, kalo-kalo masa kontrak kerja kk ipar nggak diperpanjang dan harus pulang ke Bandung.

kk : thanks ya pin
kk : jadi temen curhat pagi ini
yola: u welcome.. dah sana makan gih

58 comments:

citytown triefince said...

Gak nyambung sih lagunya heuheuheuhe...

*♥ d!@n ♥* said...

Kasihan banget kakaknya Mbak Yola. Saya juga pernah rasakan itu... sampai setiap hari nangis nggak tahan... hik... hik... lagunya bikin sedih aja.

¥@m! $ said...

iya emang heran banget orang kita pikirnya kita enak2 jadi orang kaya tinggal di eropa kalo kasih tau serba mahal dan hidup pas-pasan pasti dijawabin, "tapi kalo dibandingin uang sana kan murah?" jadi ga bakal selesai kalo jelasin mendingan diemin aja.

Sefa Firdaus said...

lah tadi gue udah reply Yol, kok ilang sih

gue cuma mau bilang... memang deh mindsetnya orang Indo itu gitu, mereka pikir kita yg tinggal di LN ini hidupnya enak-enakan... apalagi Euro skg mahal amat (nyaris 14 ribu), jadi pikirannya kita bergelimpangan uang

ahhhh apa dia gak tau kalo pengeluaran kita juga Euro... jadi ya sama aja

Evimeinar Nasution said...

gw bs ngertiin Yol.. karena gw sndr cukup berat dipikir enak apa hidup di luar, perjuangan dengan cuaca, sosial culturenya belum lagi mesti kerja dimana awal pertama kerja blm punya referensi canada. cuman bs sabar, percuma juga kalo mesti ngejelasin a-z sampe berbusa juga gak bakal ngerti

-Wee - said...

org kita tuh mikirnya kalo dah nikah ma bule pasti dah kaya raya wekekekekekeke.-- mereka gak tau kalo sama aja kehidapn di indo ma disini,.malah kalo aku pikir enakan di indo,. kaloa da apa apa bisa minta tologn sodara even hanya buat take care anak,.disini dah susah gakada yg diminta tolongin pula,..

aku pikir org akan mengerti kalo mereka mengalaminya sendiri,.
so banyak sabar buat kakak lo ya Yol :x

~ Ñolla ~ Van Latu ~ said...

emang tuh saudara2 di Indo...mereka pikir yg tinggal di Eropah tuh pd kaya semua...hehehe..pdhl sama aja ama di Indo..malah mereka lebih enak bisa ambil pembantu....kite2 sini semua dikerjaiin sendiri..wekssssss...yola mudah2an KK nya tahan bantingan deh....GBU

~ Ñolla ~ Van Latu ~ said...

(((((((((((((((((((((PARCUMA HIDUP DI RANTAU))))))))))))))))))

~ Ñolla ~ Van Latu ~ said...

(((((((((((((((((PARCUMA BETA SUSAH DI RANTAU ))))))))))))))))))))))))))))

citytown triefince said...

iya aduhh.. saya ikut nangis pas dia curhat, segitu padahal dah tahan banting *hiks... thx u ya mbak dian

citytown triefince said...

susah say, udah tipikal org kita kali.. *arggg mending kalo sdr super deket ya ini sdr sdrnya sdr... mana ngejejer minta dikasih duit... ya ampun.. susah yaaa
thx dah share ya

citytown triefince said...

iya Sefa, gue sampe refresh berapa kali, terus logout eh tetep kagak ada :-s aneh...
iya bener tuh, kecuali kalo harga disini dirupiahin juga baru boleh bilang kita foya-foya... elo tau kan sefa kantornya ipar gue... kita gak tau kontrak kapan diperpanjang, bisa² habis kontrak pulang... kapan)kapan kalo ke bremen, dia gue ajak ketemuan ya Sef, jadi bisa saling ngunjungin ;)

citytown triefince said...

berarti emang sama yah... soal kerjaan bener banget.. mana kk tuh di bandung karirnya dah asisten pimpro di deperindag, skrg disini cuman total ibu RT, stress dobel pastinya, thx buat sharenya ya Vi moga² kk gue bisa dikuatin..

citytown triefince said...

hihii.. gue pernah bilang gitu ke mama, kalo kita disini susah gak ada yang nolongin... terus pas iseng bilang, ma gue bokek butuh duit 300 euro kirim dong hihihi... disangka ngeledek lagi, serba salah ya... :p

btw thx ya say , besok gue suruh dia baca ini semua, semoga dia bisa extra sabar...

citytown triefince said...

thx nola iya dia gue komporin terus²an spy jgn dengerin berita² dr bandung, kalo ada sms isinya ngeri or bikin sedih, del aja... ngadu ke gue aja, biar gue yg omelin yg di bdg...

Sefa Firdaus said...

ya semoga kontraknya diperpanjang terus... amin

betul Yol, gue mah udah kebal... lah gue student, kalo pulang ke Indo banyak saudara (kecuali keluarga, mereka mah tau deh pahitnya hidup disini) minta dibeliin ini itu.. yg bermerek dan mahal lagi
emangnya gue punya pohon duit aja :))

citytown triefince said...

hihii.. gak kira² minta bermerk ya, sementara kita beli yg super murah, duitnya ditabung buat tiket dll.. emang mental org kita tuh susah yaaa, gak nutup mata ternyata kuno dan picik kalo soal duit... belom kita kerja dah kayak babu, di indo mereka pada pake pembokat...

iya amin, semoga diperpanjang utk masa depan.... thx berat ya say btw gak tidur? nti sakit lho... asal ada jamu tolak angin gpp kali hihihi...

Mindy Jordan said...

sedih emang ya klo orang berpikiran qta tinggal di LN hidupnya berfoya². palagi itu keluarga sendiri. been there too Yo. keluarga besar gw - tante, om, yg tiba² ngaku² sodara, you know lah.. - klo gw dateng pulkam, bukannya ditanya pa kabar eehh malah langsung ngomongin duta. duh.. ketik C spasi D, capeee deeh.. makanya sekarang gw sabodo teuing, mao dijelek²in kek, mao diomongin kek.. EGP. yg penting mikirin RT ama keluarga utama gw aja yg ga neko².

nova lamanna said...

emang gitu say......di indo banyak yg berfikir kalo hidup dieropa itu enak & apa-2 mulus kaya jalan tol ajah....hehehe.

citytown triefince said...

pulang buruan... ;)

citytown triefince said...

duh ternyata semua sama ngalamin ya.. hiks... sedih ya...
bener, hrs egp berat ternyata utk urusan kek gini... thx say sharenya nguatin nih

citytown triefince said...

iya bener enak di sini krn harga sembako gak kayak di Indo yg gak jelas naek terus, tapi kan yg laennya nggak sama aja, biaya besar...

Rachmad Hamdan said...

... iyaaaa... sebel orang orang di kampung ngiranya kalo udah di eropa hidup bisa foya foya toyan toyo. Padahal biaya hidup juga gede....belum lagi kalo pulkam... pada nodong oleh2 dan traktir sana traktir sini....

Lina W said...

ternyata problemnya dimana2 sama ya Yo..., untung kita punya teman2 senasib bisa saling curhat...& ngertiin keadaan kita..

citytown triefince said...

ih kebayang waktu pulang kemaren mas, pasti diminta upeti segala yah hihihi... gak tau nabung utk ongkosnya aja kerja rodi dulu :p

citytown triefince said...

bener Lin... kalo nggak bisa stress..thx ya say thx juga buat temen-temen MP, jadinya pendapatnya bisa nguatin juga, yg tadinya dah sedih ama kesel, udah deh semangat lagi...

krz sgo said...

yah begitulah adanya kalo hidup di luar negeri.. g juga suka tuh dicap aneh2 padahal masi di canada.. apalage elo yang di eropa, yang keliatannya khan tempat orang2 kaya.. lolz.. ga heran deh kalo keluarga lo kayak gitu ct.. hihi.. btw emank di belanda orang2nya ngom inggris? perasaan inggrisnya juga jarang gitu.. sampe ribet waktu itu g kesana mao beli es krim ampe 1/2 jem ngejelasinnya.. hueheuaheu..

Sylvie TAN said...

yg betul.....? Tukang2 es krim disini (=Bld) gak bisa omong bhs. inggris kok, pantesan ampe 1/2 jam...kasihan kamu...Ingat dah utk lain kali, tukang2 disini samasekali tidak bisa omong bhs lain, hanya bhs londo.

Sylvie TAN said...

Iya hidup di-bld (utk di-Belgia atau Jerman mirip kali) penug tanggung jawab sendiri, berdiri-jatuh mendidik anak2:sendiri, megerjakan rumah tangga: sendiri, semua serba sendiri, dgn suami tentu, tapi dia sering dikerjaannya.Uang2 semua hrs di-ingat betul2 utk apa keluarkannya,kalau kita gitu saja keluarkan uang, setengah bulan baru, sudah bisa kocar-kacir.

Karena hidup di-Eropa/disini dgn konsep lain drpd kita biasa di-Indonesia, maka dlm mata kita spt orang2 awak sini tak mau bantu kita kalau kita sedang susah.Itu tidak benar, mereka tak cepat bantu krn kita tak pernah minta tolong.Hidup di-Eropa sudah kita hrs pastikan dari mulanya:uang sekian utk itu, uang sekian utk itu.Semua sudah ada pengeluaran tertentu, jadi kalau kita nyimpang dari situ, kita akan kesusahan.Tidak bisa hidup spt kita hidup di-Indonesia.Biar famili di-Indonesia kirakan kita tak mau kirim uang, mereka toh tidak percaya apa yg kita katakan pd mereka, bhw kita tak mampu kirim uang krn anak2 sendiri hrs di-utamakan dulu, baru famili di-Indonesia.Biarlah mereka omong semau mereka, asal kita disini tidak kesusahan.

"xoxo_ luvu" said...

Untung aja aku masih kuliah.....ga mungkin di minta in tohhhhhhh dari aku..hehehe ! Tapi emang org kita gitu yah....minta minta aja kerjanya.....kerja dunk !! hehehehhe

Sylvie TAN said...

Harap omonganku ini tak disalah mengerti.Maksudku dgn berita ini, spy kalian yg masih dlm perjuangan jangan kecil hati apa yg famili akan katakan.Semua sama kok, mereka tak akan percaya apa yg kita katakan.Kiranya kita gudang uang disini.Jadi biarkan saja mereka omong apa kek, asal keluarga kita sendiri terurus.

krz sgo said...

iya ga bisa ngom inggris.. terus om (org bld) baru dateng 1/2 jem kemudian.. abiz itu cepet bener dah processnya.. =.=

Sarah Mozzard - Sopacua said...

Yol, soalnya mereka itu kurs-kan euro ke rupiah dengan biaya hidup di sini, ya jelas orang2 di eropa sounds kaya raya, mereka tidak tau kalo biaya hidup di sana itu jauh lebih tinggi dari di sini dan dalam euro pulak ! heheee.. makanya kalo ada sodara/temen mau pulang liburan, etc, tanya ke gue mau dibawakan apa, gue selalu jawab, tak usah, tapi kalo mereka insist, paling gue bilang terserah saja, atau coklat aja yaa, soalnya sering ngalami ndiri Yol, misalnya ada yang minta dasi, padahal dasi di Indo yang bermerk pun masih jauh lebih murah dari dasi normal di Jerman hahahaaa...

Andre Pelenkahu said...

kita bales kalo kita duitnya pas dan gak bisa ngirim, eh dibales sms dengan makian...<= lain kali ngana nya usah bales sms...kalo ditelf batanya..baru bilang ..kong kita nya' ada pulsa...pegimane mo babalassss wakakakakakakkkk,.....=))

Haley GR said...

gak tahu deh mo ngomong apaa... aku mbaca2 aja yaaa... hehehe..

citytown triefince said...

Aduh mbak.. masa sih sampe gitu ya... padahal udah nangis darah sebenernya disini... thx buat sharenya...

citytown triefince said...

hah?? elo kan student wir, gila aja ya yg ngecap kayak gitu??? *bingung*
di oostende sih lumayan pada bisa ngomong inggris wir.. jerman ama belanda emang rada dodol hihihi... kali krn oostende banjir ama turis² inggris ya and daerah wisata, moga mau hrs bisa inggris disini...

citytown triefince said...

iya bener, kerja dong!! eh say... yg minta-minta tuh kadang udah pada kerja lho.. gak tau deh mental ama etikanya gimana... tetep aja minta duit

citytown triefince said...

Susah jelasinnya tau, tahun lalu gue kena pajak tahunan sampe 4200 EUR gue minta dispensasi banyar 10x nyicil, untung bisa, ih yang di Indonesia dijelasin sampe berbusa tuh pada iya iya tapi besoknya udah spt org bego, seolah-olah gue gak ada yg hrs dibayar apa-apa, gila yaaaa!!! *ngejerit*
thx say hihihii, gue inget deh kalo ke Indonesia bawa coklat buat elo ;)

citytown triefince said...

iya gue gitu oom, pas pada ngomel kok gak bales sms, minta tolong temen di bdg telp-in bilang gue gak ada pulsa huahauhahu :))))

citytown triefince said...

iya mbakyu... tambahan share pengalaman hueheuuhe...

~ Ёleonora Hedvall~ said...

hehehe... kebalik... kl gw yg masih minta duit ma bokap... berasa masih aza kaya' jaman wkt kuliah di Ldn dulu... dapat kiriman trs... hehehe

LYNDA MAITIMU said...

Ya begitu-lah hidup di EROPA...orang kira kita ini gudang-nya UANG, ga tau ya kalau di Eropa semua harus bayar asuransi...??? Lynda sendiri masih dengan kesulitan bahasa walaupun dengan modal nekat yang penting gw bisa cuap-cuap...ditambah dengan penyesuaian segala macam.
Lynda jadi bisa belajar nih sama Yola...cux beybeeeehhhh...hehehe :)) THX....
_LR'24'_

Deby F said...

memang sakit banget kl sampe dihujanin makian, padahal jauh dari hati yg plg dalam kita jg pengen bantu mereka kl kita punya duit lebih tentu saja. sedih tp jg gemesin, soalnya mrk ngga ngerti bagaimana kehidupan disini.

Nina Vellinga said...

yol gmn kabar sonya?ada hpnya? sorry waktu di indo riweuh pisan sama si unyil ngga sempet check YM

Vania Koeberlein said...

mbak kenalin dong ama kakakmu yg di Jerman itu, kota mana?
Alhamdulillah soal duit keluarga di Indonesia gak pernah minta, walah aku tau mereka butuh. Jd aku cuma bisa bantu sebisanya klo ada rezeki

Ria Sujatminingsih said...

gua pikir cuma gua aja yang ngalamin. keluarga sih...ngarti banget. yang gak ngarti tuch.. temen2. disangkanya kita disini hidupnya seperti ratu. padahal....udah nangis2. hiks hiks hiks... apalagi aku yang baru mudik hihi.. nangis kangen maksudnya hhe...

citytown triefince said...

waduh enak banget... dulu waktu papa masih ada sih iya ekke juga suka minta ke papa :p

citytown triefince said...

duh sabar ya Lyn.. emang deh kudu aja kita nih extra sabar dan extra banting tulang xixixi... iya pokoknya hrs tega :D btw thx udah mo share ya... ::cups::

citytown triefince said...

iya deb... padahal kita jauh² disini ngeharapin sms yg isinya happy, berita happy-lah... kan bikin semangat dan gak stress disini ;)

citytown triefince said...

so far better skrg. nti di pm yah... iya ih gpp.. namanya mudik bawa baby emang repotnya segudang... :D

citytown triefince said...

dia di Bremen say... thx ya dah mo kenalan ama kk-ku. nti dikabarin ke dia ya...
biasalah problem di keluarga besar, sdrnya sdr jadi ribet gitu...

citytown triefince said...

sama kangennn.... btw mana oleh-oleh dari mudik?? foto-fotonya upload yah say... ;)

krz sgo said...

yah tetep aja.. khan sekolah di luar negeri kesannya beda gitu sama yang kuliah di indo.. =.=

sannyo - said...

Hidup di jerman ini, asik juga. Banyak manisnya tapi ada pahitnya juga....ya salah satunya soal klg yg menganggap uang kita amaaatt berlebih. Kita pasti akan bantu klg sesuai keperluan mereka, kalau ada rejeki. Jadi, klg di indonesia...doakanlah kami di sini. Setuju yol? Jadi malu nih...curhatannya masuk MP...nggak apa-apa...sharing...

sannyo - said...

Ninaaa...apa kabar?? Masih inget saya ya? Betah di belanda?

citytown triefince said...

pokoknya sabar ya... ;)

Nina Vellinga said...

Sanyoooooooo...pastilah masih inget dong.....ya dibetah2in hik hik...kemaren daku baru mudik weleh males balik lagi....apalagi di bandung skrg betul2 berubah banyak....sanyo PM contact numbernya di jerman ya....kalo belanda jangan lupa ke tempat eyke lho....