Saturday, December 1, 2007

Masak pedes lagi... Gulai Ikan...

Mentang-mentang udah sembuh, masaknya serba pedes lagi hueheue... Abis gimana, makanan waktu sakit rasanya semua aneh dan pait gitu. Rencananya emang sebelom sakit itu mo masak gulai ikan.

Mumpung bisa ngegoreng, karena Ronny sibuk beresin kandang parkit di teras belakang, gue sibuk ngegoreng deh, sambil dingin-dingin buka jendela dapur, demi bisa makan gulai, ah pokoknya masakan Indonesia. Biasalah, kalo goreng ikan gue harus bener-bener berjuang berat, berantem dulu ama Ronny, "Dapurnya bau ikan, semua rumah bau ikan," gitu katanya yang anti ikan hueheue....
Gue masaknya gulai ikan sarden yang resepnya nyontek dari Gulai Ikan milik Mbak haleygiri hanya kunyit ama asam kandisnya dilewat karena gak ada, terus supaya hasil kuahnya rada merah. Ikannya digoreng kering dulu, karena kalo nggak bisa hancur. Tapi enakkkk.... asikk... akhirnya bisa makan gak pake rasa pait seperti waktu sakit, thank God...

34 comments:

butet aruan said...

ngebayangin iken pedessssssssss, jadi laper gue Yol

Evimeinar Nasution said...

asam kandis gak ada coba cari kokum/kokam
itu masih satu family sama asam kandis, asam gelugur dan manggis

Yol, coba pk daun salam koja/temurui sprt banyak masakan Aceh, itu asli bikin mantaff
daun itu bs dicari di toko India/Karibia dengan nama curry leaves

citytown triefince said...

yuk makan bareng... :D mupeng makan pedes sebenernya kak...

citytown triefince said...

wah asik dapet ilmu baru, daun curry ya... btw itu kokam cari dimana ya? asia shop ada gak ya?? Vi, yang pernah di publis di mp elo tuh kandis dan gelugur yah?? *kalo gak salah*

Evimeinar Nasution said...

kalo daun kari disini mah di semua toko asia (asia tenggara, maupun India)
tp kalo kokkum kyknya mesti cari ke toko India/karibia, tp sebulan lalu toko bahan2 asia tenggar t4 gw belanja ada jual kokum paste-nya

coba aja yola liat resep http://evimeinar.multiply.com/recipes/item/300/

rosi rosdiany said...

kirimin daku dunk.............mmmh yummy
btw sakit apa say?

Sefa Firdaus said...

Yol kalo mau diikutin MFM boleh kok, kan postingnya dibulan Desember, tinggal tambahin logonya aja
makasih ya Yol

citytown triefince said...

toko india... iya ada satu disini, moga² masih ada... *berdoa*
iya daun kari rasanya pernah liat di toko langganan org pakistan...
gue ke tkp... btwwww busett ikan kembungggggggggg *argggggggggg hehehehe rasanya pasti enakkkkkkk yaaaa hueheuhueuhe.....

citytown triefince said...

boleh ci, sini yuk.... dinner bareng...
biasalah ci, flu dan kawan-kawannya... :D

"xoxo_ luvu" said...

tadinya aku mikir dulu, buka artikel ini apa gak yah...akhir2nya aku buka juga, hmmmm yang akhirnya aku jadi tau kalau aku lapar....cepat2 ku berdiri ...berjalan...pergi ke dapur, tapi tak ada ikan...yang ada cuman Youghurt...yahhhhh gimana ini, padaal maunya makan ikan ini dan nasi panas2...hiks. Balas dendam....Sabtu aku pasti belanja ke Enschede !!

citytown triefince said...

cumi aja sefa.. gue janji cumi-cumi yaaa.. pokoknya enakkkkkkkkkkkkkkk :x:x

citytown triefince said...

hueheuhueue.. gpp diet dong, malem gini makan gulaiiii, yg ada nambah 2x hiihhihi... bahayaaa....:p

Nana Heitmeier said...

ngincip donkkkkkkkkk

citytown triefince said...

ya rasa ikan tongkol di resto padanglah Na hueheuhe :p

Sefa Firdaus said...

sip sip... ditunggu deh cumi-cuminya ;)

Evimeinar Nasution said...

Yol barusan gw ke toko langganan, namanya gorakka paste

inongi inongi said...

ikan itu kesukaan Kita sis, kalau udah liat ini orang rumah udah habis dech di santap, yg penting jgn pedas...

XXXX YYYY said...

lagi bosen sama ikan X/

kemaren baru kebanyakan makan seafood ~

angsthaas xxx said...

OOO yg pas wkt itu cet jij blg lg goreng ikan yah hahaha. eeh ik baru liat ikan sarden yg model bgituw, beli nya yg dah beku apa vers?

hayoooo mo kunyit gak? ik bawa tuh biang kunyit ;))

citytown triefince said...

Evi thx you ya sempet liatin namanyaaaa.... thx yaaaa gue dah catet di folder penting...

citytown triefince said...

sama kak.. gue juga doyan bgt ikan... tuh aneh tuh yang anti ikan...

citytown triefince said...

paling bosennya bentar ya cal...

citytown triefince said...

beli fresh di Auchan liz yg freshhhh murah, sekilo cuman 1,99 EUR promosi kayaknya sih... ih mau kunyittttttttt huehueueu..

*♥ d!@n ♥* said...

Ena...akkk... mau dong...
Lagi malas masak indonesia....

nova lamanna said...

hmmm....ngiler nih say.apalagi pake nasi anget ama kerupuk ikan....

Lamra Gasser said...

sama say, kalau goreng ikan, nunggu suami pergi dulu heheheh

citytown triefince said...

yuk mbak bareng dinner :D

citytown triefince said...

nasinya ada say, kerupuknya yg kagak adaaaa... duh enak banget makan pake krupuk kriuk kriuk....

citytown triefince said...

kenapa ya.. padahal wangi ikan kan enak, bikin laper berlipat ganda hueheuhe...

Lamra Gasser said...

dan lucunya dia doyan ikan loh..tapi proses menggoreng ngomel2 katanya baunya ngga ilang2 berhari2 .... aku belum coba sih kalau ikan dipepes , kalau ikan goreng sambel balado sih udah..tapi aku pisahin buat kang mas dia maunya ikan goreng aja ..

Siska WP said...

wadoh enak bener, apalagi pake nasi putih yang paling pulen !!!!!!!!!!!!!
mau dong

citytown triefince said...

wah kak, masih mending dia mau makan ikan, ini mah sama sekali nggak bisa... kan betenya dobel hueheue oh iya pepes kan mirip diarsik kak...

Lamra Gasser said...

makanya aku mau coba deh,sejak disini ngga pernah bikin ikan dipepes atau digulai, mau coba nanti resepmu, beli ikan dulu hehehe
suami dan anak2ku seneng ikan, tapi ya itu ikan yg biasa aja yg digoreng, dipanir .kalau pake bumbu macem2 malah diliatin aja .,kalau kita kan makin pedes makin mantaffff nambah terus lagi iya kan?

Rani Marchetti said...

sedapp mau banget..yg pake santen ya yo?