Saturday, August 2, 2008

Ringan : Cerita Soal Proses Melahirkan

Hallo semua, asik nih udah di rumah lagi, biar masih kesakitan abis ngelahirin, tapi nggak se-boring di rumah sakit. Mana seminggu ini udara panas kayak di oven, apalagi kamar di rumah sakit super panas karena langsung menghadap ke arah matahari dan gak ada AC. Jadi emang enak di rumah santai, biar lelet tapi bisa ngerjain kerjaan rumah dan deket sama dua unyil laennya.
Inget-inget waktu di rumah sakit, obrolan 2 tahun lalu sama Stefanie, Liza dan anak-anak forum laennya soal proses melahirkan. Ceritanya sempat gue save di email. Kita ngebahas itu saat lagi santai. Jadi ngejawabnya ringan. Kalo ada yang ngaco jawabannya harap maklum.



Have a great weekend all


--------------------------------------------------------------------


Stefanie :
hm....
di sini kan banyak temen-temen yang uda pada punya baby, gue pengen tau dong, ngelahirin tuh rasanya gimana sih?....
dan proses nya juga........
takut ga sih pas detik-detik mo ngelahirin?........
ato pengalaman ngelahirinnya gimana juga boleh di-share disini....
soalnya koq sepertinya rada-rada serem yah ngelahirin itu....
jadi takut sendiri.......
ditunggu ditunggu ditunggu commentnya....



yola :
detik² melahirkan tuh sakit bgttt, kontraksinya setiap 1-2 semenit kali, tapi kan disuntik epidural, spy gak kerasa sakitnya
puncaknya sakit kalo melahirkan normal tuh pas kepala baby udah keluar terus pundaknya belom, duh sakitttt, kalo stop ngeden gimana... jadi serba campur adukk...
untung rajin kerja bakti di rumah, terutama ngepel jongkok, jadinya gak terlalu lama or hrs divacuum segala si baby-nya...


Stefanie :
waaaah yola....
serem ih ngebacanya...
hehehehe....

btw, nih pertanyaan lagih dari saya...
epidural itu bius lokal yah?......
jadi ga berasa sakit? yang berasa apa dong?....
masa ga berasa apa-apa?...

terus perutnya itu dipotong ga sih kalo ngelahirin?
apa caesar doang kalih yah?.....

terus, pas kepala bayinya udah keluar, pundak nya belom, aduh sakit banget yah?!... kaya apa sih sakitnya?...

ooh, lagi, lagi...... kontraksi itu gimana sih rasanya?....



yola :
epidural tuh suntik di tulang belakang kita, jadinya pas kontraksi gak kerasa apa-apa... ya dibius juga.

pas baru kepala bayi dah keluar tapi pas pundaknya belom nongol, sakitnya kayak tulang rematik neken-neken di bagian pinggul... tapi kalo bayinya dah lahir, tetep sakit sih, hanya sakitnya jadi gak kerasa Stef.

hhmmm kontraksi tuh kayak yg lagi dapet periode, sakit gitu... mules, sakit perut tapi bukan pengen ke toilet... btw jangan jadi ngeri karena pengalaman gue or laennya. persiapan aja pas lagi hamil jadi gak kaget ama sakit yg aneh²

yg perutnya diiris tuh kalo caesar, ini pemulihannya lebih lama... duh
pokoknya kalo hamil banyak olahraga tuh emang bener lho...



Stefanie :
disuntiknya aja apa ga sakit?...
di tulang itu kan... haduh....
adddduuuuuh!!!.... seremnya....
tapi pas bayinya keluar uda ga berasa? masa sih? koq bisa begitu?....
karena seneng ato karena badannya uda keluar?....
oh iya, caecar yang di bawah puser kan dipotongnya?..
uuuh serem........

ngomong-ngomong, kalo mo ngelahirin itu mesti nunggu kebuka sampe 10 cm kan?..apa ga sakit tuh?!.........
terus, pas bayinya lahir, itu kan pasti lebih dari 10 cm, sakit banget dong yah?...


yola :
iya di tulang, gila aja tulang kayak di bor rasanya, gue aja sampe pegang tangan suster keras sekali saking sakitnya... tapi abis itu kontraksinya ilang alias gak kerasa
iya seneng gitulah rasanya, karena kita akhirnya ngelihat anak kita... rasanya amazing...
hueheuheueh jgn dibayangin atuh say... nti tambah ngerii
nah itu yg bikin ngebuka kan kontraksi, sakitnya sepertt kalo lagi haid, tapi super sakit. Menurut gue sih itu aja, yang bikin sakit saat mo ngelahirin tuh : kontraksi ama pas mo ngeluarin si bayinya

eh gak denk, sesudah ngelahirin juga sakitnya juga super duper, nahan sakit abis ngelahirin-lah, mo ke WC susah, serba susah... gue aja ke WC sampe minta dulcolax supaya rasa sakitnya gak kerasa...
belom pas lagi nyusuin, sakit juga lho, malah suka ada yang sampe lecet gitu.
duh pokoknya menderita dehh... belom lagi badan kita tuh pegel-pegel karena ngasih susulah, terus harus ngegendong bayi biar, 3 kg juga pas nyusuin kerasa berat dan bikin pegel abis tangan kita... bete ama situasinya dehhh


Liza :
Yola itu puting susunya yg sampe lecet gitu? Haduh I ajah kalo liat program orang-orang lahiran dah ngilu-ngilu sendiri, yah empot-empotanlah liatnya


Stefanie :
adddduuuuuuh...

koq serem amat sih ngelahirin itu?....
terus, jadi ndud lagi yah kalo abis ngelahirin?!....
bisa kurus kaya sebelom ngelahirin ga sih?....


yola:
Liza, iya kan kan air susunya belom keluar semuanya... sampe sakit... susternya bilang, itu sih normal... padahal kita dah kesakitan kayak gimana.. Biasanya hari 1-3 masih dikit ASI-nya. Tapi justru itu paling penting untuk si bayi, supaya bayi imum.
Stef, iya otomatislah gendut, gue naek 15 kilo tau gak... turunnya aja sthn, sekarang sih balik ke normal 57 itu aja masih ada sisa² gendutnya and kudu banyak jalanlah gue, ngedorong kereta bayi, tapi kan udaranya dingin suka males jalan kaki...


Dian :
yola, tetep aja gue ngakak baca cerita2 eloe
terus terang kalo gue blm punya anak, gue jadi takut lho

mau sharing aja, biar nggak lecet puting susunya, kira2 sejak 2 minggu seblm due date, dipakein krem di sini namanya Bepanthene. Jadi kalo nyusuin nggak lecet ntar.
Setelah si bayi lahir, tetep dipakein krem setiap sesudah netek, biar nggak lecet. Ada satu lagi sekarang kremnya, gue lupa namanya , itu juga bagus.

Soal ASI, anak gue yg 16 bln sampai sekrg masih gue kasi asi. Abangnya aja nyusu di gue ampe umur 2 thn 7 bln. Selagi gue bisa ngasi, ya gue kasi aja. Tapi maunya sih yg kecil kalau udah 2 thn gue stop asi-nya.


yola :
eh, emang yg gue ceritain kesannya menakutkan ya
padahal gue gak bermaksud nakut-nakutin, emang kenyataan kok sakit dan gue hanya bermaksud supaya kuat mental dan extra kuat... jadinya ini bisa utk semangat ngehadapin masa kelahiran

gue aja ngakak sambil nginget saat mo ngelahirin... bayangin aja mana sendiri hanya laki gue doang, gak ada keluarga... jadi sakitnya kerasa bangettt


Liza :
Ceritanya yola menyayat hati ehehhe, tp sih emang bagus buat pengetahuan jg. Tadinya taon depan mo mulai produksi tapi kayaknya gak jadi aah, gw jadi ngeri

--------------------------------------------------------------------
kutipan dari : forum keluarga 2006

53 comments:

Fabiola Lawalata said...

woiiiiiiii....ai rindu you neh....:)

Edsel's Mum Chien said...

Baru ngelahirin ya..Yol...selamat ya....laki perempuan Babynya...?

citytown triefince said...

sama kangennnnnnnnnnnnnn... lo hp-nya silent mulu sih
panas yaaaaa kemaren-kemaren... bete gue di RS :D

citytown triefince said...

thx u say... baby boy :D

~ Ñolla ~ Van Latu ~ said...

Oii gimana kalau di suntik lain kagak sakit...gitu bilangin ke stefani ....hahahh yola......*Kangen*

citytown triefince said...

hihii.. suntik apaan?? test darah yah?? :))
sama kangennnnnnnnnnnnnn....

soen dari said...

yolaaaaaaaa...uhuhuhuhuhuhu...gue ngilu2 ngederin ceritanya ..takuttttt mak...gue panggil elu aja deh kalo ngelahirin ntar ntar..hiks.
cepet sehat ya yol..

Angelina Kusuma said...

loh loh loh gw ga tau kalo ada yg punya baby dicontact list gw *_*. wuah, kuper neh hiks T_T. btw selamat ya hehehe (poto2 ditunggu )

bo2n jarang OL lg kursus malam said...

amin yol!.............semua baik2 saja........

seneng denger kabar gembira , sekali lagi selamat ya...........

citytown triefince said...

thx you Sun... pokoknya kudu siap mental hahaha...

citytown triefince said...

thx jie.. iya foto-foto nanti yaaa...

citytown triefince said...

thanks bon buat doa ama wish-nya... :x

* ria wibhawa * said...

ngilu baca nya ....

:)

Dewi OFF for a while said...

Semua proses melahirkan anak emang ga pernah menyenangkan ya Yo..
Tapi gimana lagi?? Kita semua ga bisa menghindari proses alam heheheh...
Paling nggak kita harus siap lahir bathin menerima takdir menjadi seorang IBU... heheheh
Hugs tuk Yola

citytown triefince said...

yup... itu obrolan ama anak ABG say, jadi dia tau prosesnya tuh emang butuh perjuangan.. tapi apa yg didapet juga lebih dari segala-galanya... soalnya masa depan kita kan tuh anak...

Me Childish . said...

ini kusus para calon ibu.. tapi serem juga yah...

Hmmm .. gmn nanti kalau aku dah berIstri nya... pasti kasian ngeliat sang istri melahirin..

serem hahahha

citytown triefince said...

udah jgn dibayangin heuheue...

Me Childish . said...

Tuh salan euy kata2na teh.. naha bersuami nya.. sanes beristri wahwhahwah.....

citytown triefince said...

saking ka seremna nya... :D

Nana Heitmeier said...

wadoh Yol..jadi ngeriii :-)))))
btw selamat yah Yol..ditunggu poto2 adeknya Bramtje & Aubree :-)

Me Childish . said...

eh... hilap... teh tos gadung malaikat kecil lagi yah... selamet atuh nya teh.... di antos.. ah...

istri apa pamegeut teh....

citytown triefince said...

thx you Na... iya.. nti diupload yah...

citytown triefince said...

pamegeut DK... duh calon bandit deui :))

Me Childish . said...

Amien - Amien....

Janten rame Di bumi nya teh... jagoan Sadayana....!!!

citytown triefince said...

amin DK... eh nu kadua kan istri... :D
tapi da tomboy hahaha...
DK, teteh off heula nya... meni ada cape... salam nya...

Diana Agustin said...

hehehe..ceritanya lucu dan menyeramkan juga tp emang ada benernya kog.......

Me Childish . said...

Mangga Teh... Seu;eur2 Istirhat Heula...

salam Kasadayana...

nova lamanna said...

Tfs say...jd inget wkt ngelahirin jasmine nih...tp aku ngak pake epidural...hiks...hiks

Offline Online said...

abis melahirkan normal langsung lupa sakitnya..tp,kalo dioperasi sih berasa juga sakitnya..

Jeng Sari Offline said...

Nyai...bikin gw ngilu euy crita lo....;)) Tapi gw ngga akan nyerah dong,Tetep tiap malem mah usaha mulu :))

Yeni Yulinda said...

seru juga nih percakapannya say..

Dyah Wahyu said...

selamat ya yol..
ada tips supaya dapet baby boy? :))

inongi inongi said...

br ngelahirin kok udah bisa kesana-sini, apa ngak sakitan tuch......????
hati-hati yah anggi salam buat semua keluarga di sana.

Blue Gum said...

congrats to you and the whole family..

*♥ d!@n ♥* said...

Melahirkan memang nggak enak, gitu selesai melahirkan lega deh..
Sekali lagi selamat ja Mbak Yola.

Anna Vanjava said...

weeeeeeeeks sakit ngelahirin emang..
pas liat babynya ilang semua rasa sakitnya

palagi pas masa2 hamil... aughhhhhhhhhh amazing bgt....

Boru Hasian said...

cepat sehatnya ia nanti biar kita ketemu

krz sgo said...

koq RSnya ga ada ac si? ueheuheu..
wew..ct membuat semua orang serem sama yang namanya ngelahirin.. heuehuheu..

citytown triefince said...

hihiih... ya dulu pas lagi santai-santai gitu Di... :D

citytown triefince said...

beruntung gak pake, kalo pake skrg pasti sakit pinggang mulu...

citytown triefince said...

iya tetep aja sama sakit dua-duanya...

citytown triefince said...

ayo kamu pasti bisa mpok huehueuuhe....

citytown triefince said...

iya say.. gue juga ngakak lagi kalo baca-baca ulang...

citytown triefince said...

thx u Dyah...
wah tipsnya apa ya.. katanya sih suaminya banyak-banyak makan daging, jgn terlalu banyak buah or yg asem-asem hahaha.. tau dehhh :D

citytown triefince said...

lah justru gak bisa kemana-mana kak... dah kayak org lumpuh :)
tapi so far bisa jalan pelan-pelan...

citytown triefince said...

thx u mbak ungke *muawhhhh

citytown triefince said...

ya mbak, kalo ujung-ujungnya cecar mendingan kemaren 12 juli aja ya biar bareng ama angelina jolie hahaha...

citytown triefince said...

bener say, masa kontraksi ini yg paling nyebelin yaaa

citytown triefince said...

makasi kak... *met liburan juga yaaaa

citytown triefince said...

iya bener wir, gak ada AC lho... lagian emang panas disini cuman bentar aja, sisanya sih dingin kali...

Nora Greuling said...

thx udh share mengenai pregnancy & proses kelahiran.
aku malah senang, nga ada perasaan takut tuh,hehehe..pengalaman teman2 membuat aku lbh terbuka, Danke yakk,Kak Yola,gbu

Siska WP said...

cihuyyyyyyyyyyyyyyyyy urang mah gag ada ngeden2nya yol
kebo kabeh makanya di belek

angsthaas xxx said...

itu crita dah jaman jadul hahaha
emang panas siih, tp sebentar ajah panasnya skrg dah mulei hujan2